Selasa, 10 Desember 2013

CATATAN KEGIATAN MTsN GARUT SEMESTER GASAL TP 2013/2014

 Ini beberapa kegiatan luar kelas yang diselenggarakan di MTs Negeri Garut pada semester gasal TP 2013/2014

1. Perkemahan LDG di Perkebunan Teh Giriawas (Cikembar)
 Perkemahan adalah sebuah kegiatan yang 'diwajibkan' dalam Pramuka. Pramuka tanpa kemping? itu seperti sayur tanpa garam. Itulah mengapa MTs Negeri Garut setiap tahun menyelenggarakan kemping sebagai penutupan LDG (Latihan Dasar Gudep) bagi siswa kelas 7. Sudah beberapa periode kemping itu diadakan di daerah perkebunan teh Giriawas, sebuah tempat dataran tinggi yang terletak di  kecamatan Cikajang Kabupaten Garut, kurang lebih 25 km dari lokasi madrasah.








2.  Bulan Gemar membaca dan Kunjung Perpustakaan serta PHBI

Di Tahun Pelajaran 2013/2014, MTsN Garut kembali melaksanakan kegiatan tahunan Perpustakaan, yakni Bulan Gemar Membaca dan Kunjung Perpustakaan. Tahun ini BGMKP telah masuk pada tahun penyelenggraan ke 15. Di tahun ini pula, kegiatan BGMKP dikolaborasikan dengan Peringatan Hari Besar Islam. Karena PHBI yang paling dekat dengan BGMKP adalah Idul Adha, maka diadakanlah Tabligh Akbar bersamaan dengan puncak acara BGMKP.

BGMKP yang biasanya berlangsung selama 7 - 10 hari karena diadakan usai KBM, pada tahun ini berubah jadwal. Kegiatan diselenggarakan serentak pada jeda UTS, yakni selama 4 hari, berbarengan dengan jadwal remidial. Jadi selama 4 hari itu, seluruh siswa dan guru fokus pada kegiatan lomba. Lomba yang diadakan tak jauh beda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni :




Menulis Cerpen Islami
Membuat Sinopsis
Baca Puisi
MTQ
MHQ
Pidato Bhs Arab
 Pidato Bhs Indonesia
Pidato Bhs Sunda
Reading
Kaligrafi
Olimpiade IPA
Olimpiade Matematika
Olimpiade PAI
Cerdas Cermat
Kebersihan dan kelengkapan Kelas
Membuat Tumpeng
Pentas Seni
Bazzaar






Tapi, karena tahun ini kegiatan disatukan dengan PHBI, maka ditambahkan dengan lomba TUMPENG. Kelak tumpeng itu akan dibagikan kepada Pantia Asuhan dan Panti Jompo yang ada di wilayah Kabupaten Garut. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 30 September sd 3 Oktober 2013. Ditutup dengan Tabligh Akbar oleh KH. Abdul Madjid, S.Ag.

Ini banner yang terpasang di depan, setelah gerbang MTsN Garut


Laporan selengkapnya bisa dibaca di blog Perpustakaan MTsN Garut


3. Gema Muharam

PHBI selanjutnya dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam. MTsN Garut menghadirkan dai muda pentolan ajang pencarian bakat AKSI Indosiar, yakni Hilman Fauzi Nugraha.

Team jurnalis   MTsN Garut yang tergabung dalam media BASIK (Bacaan Siswa Kreatif dan Kritis) tentu saja tak meninggalkan moment berharga ini untuk meliput sekaligus menimba pengalaman sang dai muda. Mereka membuat janji untuk wawancara.







Hasil liputannya sudah beredar lho ... Di buletin BASIK edisi ke 15


Dan ini gambar antusiasme para siswa da guru ketika mendengarkan tausiyah sang Dai Muda


Gema Muharam juga dimeriahkan oleh alunan merdu nasyid para siswa, serta bintang tamu



3. Jendela Iman Road to School

Sodara-sodara, berhubung seluruh kegiatan di atas diliput oleh TV 9, yakni stasiun televisi Garut, secara eksklusif (masing-masing berdurasi 1 jam), Crew TV9 rupanya kadung jatuh hati dan ketagihan bekerja sama dengan kita (cieee ... geer, boleh dooong)

Nah, kang Hendi cs, produser pelaksana Jendela Iman,  punya ide  mengajak para siswa dan guru untuk ikut di programnya, yakni talkshow keagamaan bagi remaja. Semula konsep acara Jendela Iman dilakukan di ruang tertutup dengan nara sumber yang berceramah kemudian diberi waktu untuk bertanya dalam sesi tanya jawab. Nah, produsernya kemudian mengadakan inovasi dengan membuat konsep out door, bukan di studio atau di ruang tertutup, melainkan mendatangi sekolah-sekolah untuk memberi tausiyah. MTsN Garut  menjadi sekolah kedua yang didatangi, setelah SMPN 4 garut.




















 





ARTKEL TERKAIT



0 Comments:

Presentasi Profil MTs Negeri Garut


Uploaded on authorSTREAM by aterburg

Presentasi Rencana Kerja Madrasah


Uploaded on authorSTREAM by aterburg

blogger templates | Make Money Online