Rabu, 09 September 2015

Serba-serbi Akreditasi MTs. Negeri Garut

Akreditasi sekolah/madrasah merupakan kegiatan penilaian yang dilakukan oleh pemerintah dan atau lembaga mandiri yang berwenang untuk menentukan kelayakan program sebuah sekolah/madrasah berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk akuntabilitas publik yang dilakukan secara obyektif, adil, transparan dan komprehensif dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan. (Kemendiknas-2011)

Pelaksanaan akreditasi itu sendiri bisa dijadikan sebagai acuan untuk peningkatan mutu madrasah. Juga dapat dijadikan sarana untuk mengidentifikasi dan memotivasi untuk terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana, dan kompetitif.

Pada Senin, 31 Agustus dan Selasa, 1 September 2015, MTs. Negeri Garut mendapat jadwal untuk diakreditasi, setelah sebelumnya  mengirimkan data  hasil Evaluasi Diri (evadir), dan BAP-S/M menilai bahwa MTsN Garut layak untuk divisitasi. BAP-S/M menugaskan Drs. Usup Supriadi, M.Pd dan Awal Teguh Santosa, ME (sebagai tim Assesor) untuk melakukan visitasi ke MTsN Garut.

Bapak-bapak Assesor dari Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-S/M) tiba pukul 8 pagi, beberapa menit usai upacara bendera yang dilakukan setiap Senin pagi. Disambut dengan pengalungan bunga oleh wakil siswa, disertai penghormatan dari Tim Paskibra dan Pramuka di pintu gerbang depan. Tiba di area dalam, grup Marawis MTsN Garut menyambut dengan nyanyian Assalamu'alaikum.

Tim Assesor kemudian dipersilakan memasuki ruang guru untuk melakukan upacara pembukaan sederhana.



Selanjutnya Assesor masuk ke ruang Akreditasi. Di sana tim disuguhi pemutaran film dokumenter dan Profil MTsN Garut sekitar 15 menit. Selanjutnya tiba saat penilaian. 
Assesor melaksanakan visitasi dengan jalan melakukan klarifikasi, verifikasi dan validasi data evadir (evaluasi diri) madrasah sesuai dengan kondisi yang ada. Jadi, evadir yang telah dikirimkan oleh MTsN Garut beberapa waktu lalu, diperiksa kesesuaiannya dengan kondisi di lapangan.

Yang dinilai adalah 8 standar pendidikan, yakni :
  • Standar Isi
  • Standar Proses
  • Standar Kompetensi Lulusan
  • Standar Pendidik dan Tenaga kependidikan
  • Standar Sarana dan Prasarana
  • Standar Pengelolaan
  • Standar Pembiayaan
  • Standar Penilaian

Proses klarifikasi, verifikasi dan validasi data evadir hari pertama selesai pukul 17.00.

Keesokan harinya, Assesor melakukan visitasi langsung ke lapangan, yaitu
  1. meninjau laboratorium IPA, laboratorium Matematika,dan laboratorium komputer


2. Ruang Bimbingan dan Konseling (BK)



 3.  Perpustakaan



4. Memantau Real Teaching di kelas,



5. Menerima wartawan buletin BASIK untuk wawancara

 

6. Menyaksikan penampilan ekstra kurikuler siswa-siswi MTsN Garut.

 




7. Upacara penutupan dalam suasana cair di ruang guru


Kegiatan Akreditasi MTsN Garut selesai di hari ke dua, Selasa 1 September 2015. Tinggal menunggu hasilnya. Lima (5) tahun yang lalu, tahun 2010, MTsN Garut memperoleh nilai 95,35 kategori A. Semoga tahun ini memperoleh nilai lebih baik lagi. Aamiiin


Proses adalah sebuah keniscayaan dalam setiap pergerakan. Semoga dengan program yang terencana, bertahap, terukur dan diupayakan secara maksimal, mutu pendidikan semakin meningkat.


ARTKEL TERKAIT



0 Comments:

Presentasi Profil MTs Negeri Garut


Uploaded on authorSTREAM by aterburg

Presentasi Rencana Kerja Madrasah


Uploaded on authorSTREAM by aterburg

blogger templates | Make Money Online